Home » Catatanku » Kebutuhan mahasiswa terhadap Institusi

Kebutuhan mahasiswa terhadap Institusi

31 May 2013

Renungan dihari rabu sore.. Jika diamati ada beberapa yang diinginkan oleh mahasiswa setelah lulus perguruan tinggi, ada yang ingin segera menikah…he..he.. namun pada umumnya adalah ingin dapat segera kerja, mandiri, tidak tergantung lagi pada orang tua, apalagi setelah sekian lama, hanya bisa minta orang tua. Ada juga yang menginginkan kuliah lebih lanjut. Namun ada juga yang ingin berwirausaha. Terus bagaimana institusi perguruan tinggi menjawab kebutuhan ini?.. apalagi ada beberapa selentingan atau pernyataan pemakai alumni kita yang meragukan kemampuan alumni perguruan tinggi Indonesia. bahkan ada yang menyatakan dengan jelas “freshgraduated tidak siap kerja”. Terus bagaimana perlakukan/treatment yang harus dilakukan yang harus disiapkan oleh institusi?.

Hal-hal (3 pilar) yang harus disiapkan:
1. Ada mahasiswa ingin kuliah dengan jenjang lebih tinggi (S2, S3).  Untuk menangani hal ini, maka institusi atau program studi perlu diakreditasi untuk menjamin seluruh proses berjalan dengan baik. Ada institusi yang mensyaratkan akreditasi minimal B.
2. Ada alumni yang ingin langsung bekerja, untuk menjamin alumni memiliki kemampuan yang diinginkan oleh pengguna, maka selain mekanisme audit internal, evaluasi PBM,  namun perlu juga penjaminan dari pengguna dengan sertifikasi dari lembaga kredibel, misalnya sertifikasi IBM, SISCO dan lain sebagainya.

3. Wiraswasta/Wirausaha, untuk menghadapi alumni yang pihak institusi harus memfasilitasi  berbagai hal yang mendukung enterprenerial baik dari kurikulum, character building, seminar maupun inkubasi bisnis.

Mari berbenah untuk kemajuan bersama sebagai bagsa yang besar.

Catatanku